" Manfaat Internet Bagi Manusia - INTERNET SEHAT DAN AMAN INTERNET SEHAT DAN AMAN: Manfaat Internet Bagi Manusia

Senin, 21 Oktober 2013

Manfaat Internet Bagi Manusia



Manfaat Internet atau kegunaan internet. internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite (tcp/ip) untuk melayani jutaan pengguna di seluruh dunia.ini menyediakan konektivitas antara komputer melalui perangkat keras danperangkat lunak.internet memiliki berbagai layanan seperti surat elektronik (e-mail), online chat, game online, transfer file atau sharing, video streaming, dan saling terkait dokumen hypertext. internet sendiri sebenarnya dapat bernilai positif dan juga dapat benilai negatif, tergantung pada pemakainya. nah dari situlah banyak manfaat dari internet yang dapat diambil antara lain:


 "Manfaat Internet"
  1. menyediakan saluran komunikasi cepat seperti e-mail, instant messaging, transfer file dan file sharing. dengan ini, pengguna akan dapat berkomunikasi secara efektif dan dapat menghemat waktu dan uang.
  2. menyediakan berita terbaru dan referensi online. sebagian besar koran harian sekarang sudah online. pengguna dapat menelusuri situs web internet untuk membaca berita terbaru, penelitian tentang ensiklopedi online, dan bergabung dalam forum untuk belajar hal baru dari orang lain. sehingga ini akanmembuat akses informasi lebih cepat.
  3. menyediakan fasilitas seperti upload film, panduan film, video streaming, dan download musik. pengguna sekarang dapat mendengarkan stasiun radio online dan download lagu-lagu yang mereka inginkan.
  4. menyediakan jasa perdagangan seperti belanja online, tawar-menawar perjalanan, jadwal pesawat, dan membeli dan menjual. dengan e-commerce, pengguna dapat membeli barang secara online dengan hanya menggunakan kartu kredit atau bentuk transaksi bank dan tanpa perlu pergi ke mal. mereka hanya menunggu barang yang dipesan hanya di rumah saja.
  5. memberikan pekerjaan kepada orang-orang yang ingin membuat uang online seperti membeli dan menjual jasa, blog dan web design.
adapun manfaat internet bagi dunia pendidikan adalah sebagai berikut:

lembaga pendidikan:
  1. untuk memperkenalkan kepada orang-orang tentang lembaga pendidika tersebut dengan membuatkan web lembaganya di dalam internet.
  2. untuk menghemat waktu dan biaya dalam perekrutan pegawai baru.
  3. mempermudah menarik minat para siswa dan mahasiswa baru.
tenaga pendidik:
  1. untuk mencari bahan materi ajar yang akan diberikan kepada anak didik.
  2. untuk mencari akses sumber informasi.
  3. internet di jadikan alat untuk berdiskusi dengan anak didik agar pengetahuan anak didik itu semakin luas.
  4. untuk mempermudah anak didik dalam mengumpulkan tugas-tugas yang di berikan. 
anak didik:
  1. internet dapat digunakan untuk mempengaruhi peningkatan motivasi dan menguatkan pengajaran serta meningkatkan lingkungan psikologi pada anak didik.
  2. untuk merangsang dan memotivasi siswa atau mahasiswa dalam mengembangkan intelektualnya sehingga dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu baik teoretis maupun terapan.
  3. sebagai media tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar yang dilakukan dengan menggunakan internet.
  4. untuk menghemat waktu dalam mengerjakan tugas-tugas dan riset-riset yang di perintahkan.
  5. proses pengembangan ilmu dan teknologi lebih cepat karena hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama.

Tidak ada komentar:

0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar