" Cyber Bullying. - INTERNET SEHAT DAN AMAN INTERNET SEHAT DAN AMAN: Cyber Bullying.

Rabu, 04 Desember 2013

Cyber Bullying.

Nah, dengan perkembangan media elektronik ini, maka sekarang ada yang namanya cyberbullying, yaitu perlakuan kasar yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang, menggunakan bantuan alat elektronik yang dilakukan berulang dan terus menerus pada seorang target yang kesulitan membela diri (Smith dkk, 2008)*. Singkatnya, cyber bullying adalah bullying yang dilakukan melalui bantuan internet atau telepon seluler berikut piranti-pirantinya secara berulang-ulang dan terus menerus.
Beberapa bentuk praktek cyberbullying adalah:
  1. Melakukan missed call (baca: panggilan telepon sekejap) berulang-ulang
  2. Melakukan panggilan telepon yang bernada mengejek atau mengancam
  3. Mengirimkan sms atau email berisi hinaan atau ancaman
  4. Menyebarkan gosip atau berita burung yang tidak menyenangkan lewat sms, email, status updates, atau komentar di jejaring sosial (facebook, twitter, google+, dll)
  5. Pencuri Identitas Online. Membuat akun (account) dan profil palsu tentang seseorang/target dan melakukan aktivitas (update status, komentar, mengirim pesan, dll) yang merusak nama baik dan hubungan sosialnya. Contohnya: Arnold membuat akun di Facebook sebagai Bastian (target), lalu meng-update status dengan kata-kata tidak sopan sehingga B dijauhi teman-temannya.
  6. Berbagi Gambar. Meneruskan (forward) atau membagikan (share) foto/gambar pribadi target tanpa ijin.
  7. Mengunggah, membeberkan informasi pribadi target ke internet tanpa ijin
  8. Membuat blog yang berisi kebencian pada seorang target, atau membuat kampanye di jejaring sosial untuk membuat orang-orang ikut membenci/mem-bully target
  9. Mengunggah video yang memalukan atau memojokkan target sehingga bisa diakses/ditonton semua orang.
Bentuk-bentuk praktek cyberbullying ini perlu untuk pembaca ketahui, bukan untuk ditiru, melainkan agar waspada. Jangan sampai pembaca, teman dan keluarga mengalami cyberbullying.

 

1 komentar:

  1. JM Gaming, Ltd. - The City of Jam
    JM Gaming is an 구리 출장마사지 online 포천 출장샵 casino, 나주 출장안마 gaming and 정읍 출장샵 betting operator located in London, New Jersey. The company was founded in 1999 and operates 아산 출장안마

    BalasHapus